Karnaval & Perlombaan Gerak Jalan - SOS DT Meulaboh

Dua hari sebelum hari “H”, 17 Agustus 2007, ibu-ibu di Gampong Aneuk (SOS Desa Taruna Meulaboh) sangat antusias mencari baju untuk anak-anaknya yang terpilih mengikuti Karnaval dan Gerak Jalan. Ada beberapa anak yang ikut karnaval yaitu: Misnawati, Halimah, Devi Rapita Sari, Novita, Selvia Helmi, Fifi Nofyana Shaleha, Rafil, Lisa Fatmatia, Aswan Saputra, Yuliana, Sepindra Safriyan, dan Yuslina. Baju yang dipakai bermacam ragam, ada yang memakai baju Adat Aceh, Adat Jawa, POLRI, AKPER, dll. Tanggal 15 Agustus 2007 pukul 06.00 Wib, anak-anak didampingi ibu-ibunya ke salon untuk berhias dan langsung diantar pak Zul dan pak Abbas ke Mesjid Agung Meulaboh.

Seluruh peserta Karnaval berkumpul berbaris dan dikoordinir oleh guru sekolahnya masing-masing di halaman Mesjid Agung. Aanak-anak semuanya terlihat lucu-lucu dan rapi dengan pakaian yang bermacam-macam. Peserta karnaval dilepas oleh Bupati Aceh Barat sekitar pukul 08.00 wib, mereka mulai berangkat dari Mesjid Agung mengelilingi kota Meulaboh. Di bawah teriknya matahari, anak-anak berjalan kaki. Meskipun anak-anak lelah, pegal, dan ada kakinya yang bengkak namun anak-anak tetap bersemangat, dan mereka finish di mesjid agung sekitar pukul 11.00 wib. Sesampai di Mesjid Agung, anak-anak mendengar pengarahan dari gurunya sambil minum dan mencicipi snack yang disediakan oleh guru sekolahnya dan setelah itu pulang ke rumah masing- masing.

Sedangkan anak-anak yang mengikuti pertandingan Gerak Jalan adalah Misnawati, Sabaryah, M. Salim, Yuspridin, dan Roni Sasmita. Jam 14.00 wib. Anak-anak SOS Desa Taruna Meulaboh berkumpul di depan kantor Bupati Aceh Barat, diantar dan didampingi oleh bu Ani dan penulis. Sesampai di kantor Bupati, anak-anak berpisah mencari rekan-rekan sekolah masing-masing. Pertandingan gerak jalan diikuti seluruh Intansi pemerintahan, ABRI/POLRI, Mahasiswa, dan siswa siswi dari SD sampai SMU. Seluruh peserta gerak jalan dilepas oleh Bapak Bupati Aceh Barat pada pukul 14.30 wib. Mereka mulai berangkat dari kantor Bupati mengelilingi kota Meulaboh, dengan keringat bercucuran membasahi baju peserta tetap tangguh untuk mengalahkan peserta yang lain. Seluruh peserta finish kantor Bupati sekitar pukul 17.00 wib. Setelah itu, semua peserta berkumpul dan beristirahat sambil mendengar pengarahan dari komandan dan gurunya masing-masing. Mereka juga dibagikan minum dan snack yang disediakan oleh guru di sekolah masing-masing.






Meulaboh,19 Agustus 2007
Dilaporkan oleh:
Mba Suriati
Staf Administrasi SOS Desa Taruna Meulaboh

Tidak ada komentar: